Makan Pisang Bisa Cegah Serangan Jantung dan Stroke, Ini Alasannya!

Jakarta РPeneliti temukan kandungan potassium dalam buah manis harum ini. Nutrisi ini bisa mencegah pembuluh darah tersumbat dan stroke. Jakarta РPeneliti temukan kandungan potassium dalam buah manis harum ini. Nutrisi ini bisa mencegah pembuluh darah tersumbat dan stroke.

Buah pisang yang manis empuk disukai banyak orang. Sering dinikmati sebagai menu sarapan hingga camilan. Buah ini juga mengandung sejumlah nutrisi penting, salah satunya potassium.

Sebuah studi yang dilakukan peneliti di Universitas Alabama menemukan makanan tinggi potassium dapat mencegah pembuluh darah arteri mengeras, lapor The Sun (6/10).

Peneliti melakukan eksperimen pada tikus dan menemukan tikus yang diberi ekstra asupan potassium mengalami lebih sedikit kekakuan aorta. Sementara tikus yang mendapat asupan potassium normal atau lebih sedikit punya risiko lebih tinggi alami kekakuan pembuluh darah arteri. Selain pisang, brokoli, ikan, ayam, alpukat, bayam, kerang, dan susu.

Menurut NHS, asupan harian potassium yang direkomendasikan 3.500 mg per hari. Atau setara dengan 4 buah pisang. Perlu dicatat tidak dianjurkan untuk makan banyak pisang karena bisa sebabkan sakit perut dan diare.

Sementara untuk orang tua lebih berisiko pada ginjalnya yang tak mampu membuang potassium dalam darah.
‘Dengan lebih banyak riset kami akan bisa melihat beragam penyakit pada manusia dan mengembangkan pengobatannya,’ ungkap Dr. Mike Knapton dari British Heart Foundation. (odi/odi)

detik.com

2017-11-17T09:26:14+00:00

Leave A Comment